Rabu, 09 September 2015

Menentukan Hari Baik Pernikahan Berdasarkan Adat Jawa

Menentukan Hari baik Pernikahan berdasarkan adat Jawa... mungkin di perlukan untuk kita ketahui Karena hal tersebut menyangkut baik buruk Kehidupan Rumah Tangga Kedepannya.
Dalam ajaran agama ataupun dalam aturan adat terutama yang sampai saat ini masih kental di yakini yakni adat Jawa,Menentukan hari baik untuk pernikahan sudah ada sejak nenek moyang kita.Jadi tak salahnya seandainya kita ikut melestarikan peninggalan-peninggalan dari Pendahulu kita Selama hal tersebut tidak Melanggar ajaran agama masing-masing.
Sudah banyak bukti dari orang yang sombong yang tidak menghiraukan hal tersebut, mereka MENIKAH seenaknya saja tanpa menentukan hari yang baik untuk pernikahannya sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya Rejeki banyak tapi selalu ada saja jalan yang membuat habis,selalu di kejar hutang,sering bertengkar,sakit-sakitan,dll.Saya pribadi bukan mengajak anda untuk percaya 100% tentang hal tersebut karena hal tersebut menimbulkan kesyirikan pada Allah s.w.t NAMUN tak ada salahnya kita mengikuti adat yang telah di wariskan ke kita selama tidak bertentangan dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
Nah.. sebelum menentukan hari yang baik untuk pernikahan tak ada salahnya kalau kita mengetahui dulu weton kita.
Setelah mengetahui weton dari sepasang pengantin kemudian jumlah weton keduanya ditambah weton hari akad nikah terus di bagi 5 dan sisa berapa hasilnya bisa di lihat seperti pada tabel di bawah ini
contoh
Budi wetonnya senin legi=9, calon istrinya susi wetonnya selasa kliwon=11,dan weton akad nikahnya kamis wage=12 maka perhitungannya : 9+11+12=32 dibagi 5 hasilnya 30 sisa 2
maka jatuh pada Pangan Keterangan Bagus

NB :
misal hasilnya bersisa nol sebaiknya cari hari lain untuk akad nikahnya.


Perlu di pertimbangkan juga Bulan dan jam saat akad nikah berlangsung,dan bisa anda lihat seperti tabel di bawah ini :



Setelah semua perhitungan selesai yang terakhir tinggal arah berangkat Pengantin Pria menuju rumah pengantin Wanita jangan masuk ke arah mulut naga kalau bisa memutar searah perjalanan naga
Contoh :
misal akad nikah hari selasa arah mulut naga menghadap ketimur maka sebaiknya pengantin pria berjalan ke timur juga seandainya rumah pengantin wanita di barat sedang rumah pengantin pria di timur JANGAN langsung berjalan kebarat nanti masuk mulut naga rejekinya sebaiknya ambil jalan memutar searah perjalanan naga.seperti pada gambar di bawah ini :
Nogo dino dan Nogo Pasaran

Panggone Nogo miturut Neptu dino lan pasaran



Ramalan Jodoh 



Rahasia Cinta


Cek Hoki lewat nomor Hp anda



Yakinlah... kita hanya berusaha dan berdo'a Ketentuan Sepenuhnya hanya milik Allah s.w.t sang Pemilik dan Penguasa Jagat.

Semoga tulisan ini memberikan manfaat yang besar buat kehidupan Rumah tangga ANDA Kedepannya dan tidak menjadikan kita MUSYRIK.

2 komentar:

  1. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS BALAI SARTIKA kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Zulfa 089611648377 (WA)

    BalasHapus
  2. Hi brides & grooms to be, lagi cari gedung utk acara pernikahan di Kota Bandung? Gedung HIS Balai Sartika Convention Hall bisa jadi pilihan kamu loh karena sekarang udh full carpet & lampu chandelier. Selain itu HIS Balai Sartika Convention Hall juga menyediakan paket pernikahan yang fleksibel dan pilihan vendornya ada banyak banget, bisa pilih sesuai keinginan kamu. Ohya, sekarang lagi ada promo menarik juga loh yaitu PILIH BONUS SESUKAMU atau CASHBACK! Untuk informasi lengkapnya, hubungin aja Tresna (+6281312214233).

    BalasHapus